EFEK SAMPING DAN BAHAYA MADU UNTUK BAYI

Efek Samping Dan Bahaya Madu Untuk Bayi – Jangan pernah memberikan madu pada bayi di usia kurang dari satu tahun! Setidaknya itulah seruan yang banyak kita dengar dan diberikan oleh para pakar kesehatan di berbagai negara Eropa dan Amerika. Para pakar kesehatan mengatakan bahwa memberikan madu pada bayi yang masih berusia kurang dari satu tahun dapat beresiko dalam menyebabkan penyakit botulisme.

Sebenarnya bukan efek samping langsung dari madu yang bahaya bagi tubuh. Akan tetapi dikarenakan ada kemungkinan bahwa madu dapat terkontaminasi dengan spora C. botulinum. Kasus Botulisme mungkin memang sangat jarang ditemukan dan tidak hanya ditemukan dikarenakan mengkonsumsi madu, akan tetapi juga bisa dikarenakan makanan lainnya yang juga terkontaminasi. Hanya 5% saja kasus yang ditemukan Botulism dikarenakan mengkonsumsi madu. Kebanyakan kasus Botulisme terjadi sebagai akibat dari makanan kaleng yang juga tercemar. Kasus botulisme juga seringditemui di negara Amerika, hal ini dikarenakan dari jenis tanahnya yang banyak mengandung spora seperti ini.

Madu murni asli

Beda lagi halnya bagi bayi yang berusia diatas satu tahun dan juga orang dwasa, karena pencernaannya sudah cukup kuat. Spora seperti ini akan mati oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung manusia.

Bagaimana dengan di Indonesia? Kita semua mengetahui bahwa di Indonesia kebanyakan masyarakatnya berkiblat pada cara pengobatan ala timur yang lebih banyak menggunakan madu. Di Indonesia juga tidak sedikit  para Ibu yang memberikan madu kepada bayinya dan sepengetahuan admin blog sehat alami memang belum pernah ada kasus botulisme terjadi di Negara kita.

Jadi bagaimana sebaiknya? Dalam rangka untuk berhati-hati, sebaiknya dan tidak ada salahnya untuk tidak memberikan madu terlebih dahulu sebelum bayi genap berusia 12 bulan. Ataupun apabila terpaksa, Anda pastikan terlebih dahulu madu yang akan diberikan pada bayi adalah yang diolah secara higienis agar madu tersebut dapat aman dikonsumsi oleh bayi. Namun yang paling baik adalah berkonsultasi dengan dokter dan menanyakan apakah ada madu yang khusus untuk bayi kurang dari satu tahun.

Efek samping dan bahaya madu untuk bayi adalah penyakit botulisme. Seperti apakah gejala bayi yang terserang penyakit Botulisme ini? Berikut ciri atau gejalanya:

  • Bayi mengalami sembelit. Ini biasanya merupakan salah satu gejala yang paling awal
  • Bayi terkulai. Ini dikarenakan kelemahan ototnya dan kesulitan dalam mengontrol kepala
  • Tangisan yang lemah
  • Rewel
  • Ileran karena sulit menelan
  • Kelopak mata bayi yang selalu sayu atau seperti mengantuk
  • Kelelahan
  • Kesulitan dalam menghisap saat menyusui atau minum dari botol susu
  • Kelumpuhan
Madu murni asli
Lantas bagaimana solusinya jika kita ingin memberikan manfaat madu yang banyak tersebut pada bayi kita? Salah satu solusinya jika kita ingin mengambil manfaat dan khasiat madu tanpa khawatir akan adanya bakteri berbahaya tersebut adalah sang ibu yang sedang menyusuilah yang mengkonsumsi madu, sehingga bayi akan bisa mendapatkan khasiat dari madu secara tidak langsung dari ASI yang diberikan. Bakteri yang menjadi penyebab botulisme akan mati oleh lambung atau pencernaan orang dwasa yang dalam hal ini adalah ibu si bayi.

Demikianlah tulisan mengenai efek samping dan bahaya madu untuk bayi. Anda bisa meminum madu yang diformulasikan khusus bagi para ibu yang sedang menyusui. Madu untuk ibu menyusui ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai apotek. 
EFEK SAMPING DAN BAHAYA MADU UNTUK BAYI | asepkanan | 4.5