KANDUNGAN DAUN KUMIS KUCING

Advertisement
Loading...
Kandungan Daun Kumis Kucing – Kita tentu telah banyak mendengar manfaat dan khasiat daun kumis kucing. Baik sebagai obat alami yang diolah secara konvensional ataupun sudah dikemas dalam bentuk yang lebih modern. Ada cukup banyak khasiat dan manfaat daun kumis kucing, diantaranya yang cukup populer adalah untuk menjaga kesehatan serta mengobati penyakit. Khasiat dari daun kumis kucing ini telah cukup lama diketahui oleh para nenek moyang kita. Karena tanaman kumis kucing ini merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya ada dalam apotik hidup masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan. Apotik hidup adalah berbagai macam tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah dan dapat dijadikan sebagai obat tradisional, misalnya seperti kumis kucing, lidah buaya, jahe, kunyit dan lainnya. Kita perlu memperkaya wawasan serta menambah pengetahuan tentang tanaman kumis kucing dan beberapa manfaatnya sebagai informasi tambahan untuk menjaga kesehatan kita.

Daun kumis kucing

Kandungan Daun Kumis Kucing
Serta Manfaat dan Khasiat Daun Kumis Kucing:
Kumis kucing atau disebut juga Orthosiphon Stamineus Benth merupakan tanaman yang biasanya hidup didaerah yang basah ataupun kering. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 1,5 meter. Ciri-ciri tanaman kumis kucing ini mempunyai daun yang bergerigi kasar dengan bentuk telur taji, mahkota bunga kumis kucing berukuran kecil berwarna putih dan juga mengeluarkan benang sari serta putik yang berwarna ungu ataupun putih. Tanaman kumis kucing ini bisa diperbanyak dengan cara menanam biji atau di stek batangnya. Tanaman kumis kucing ini sebenarnya ini berasal dari Afrika dan kemudian menyebar ke Australia dan juga Asia. Manfaat dan khasiat daun kumis kucing ini bisa didapatkan dengan cara meminum air rebusan dari daun kumis kucing itu sendiri.

Daun kumis kucing ini mengandung glikosida orthosiphonin, zat samak,minyak asiri, saponin, kalium, mioinositolsapofonin dan sinensetin. Sinensetin ini berkhasiat sebagai zat antibakteri, sementara kalium mempunyai khasiat sebagai pelancar bagi pengeluaran air kemih (diuretik) dan juga pelarut batu pada bagian saluran kencing. Oleh karena itu, daun kumis kucing dapat dijadikan obat alami untuk penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, infeksi pada kandung kencing (sistitis), penyakit kencing batu, kencing manis atau diabetes mellitus, penyakit rematik gout, infeksi ginjal yang akut dan kronis.

Daun kumis kucing

Jumlah daun
kumis kucing dan usianya (tua dan muda atau pucuk) dapat berpengaruh pada khasiat dan manfaat daun kumis kucing itu sendiri. Jumlah air dan daun yang kita direbus tergantung pada jenis penyakit yang ingin kita sembuhkan. Untuk membuat peluruh kencing, kita membutuhkan 1/4 genggam daun kumis kucing yang kemudian direbus dengan segelas air sampai airnya menguap dan tersisa setengahnya. Sementara itu jika dimanfaatkan sebagai obat bagi penyakit kencing batu, kita membutuhkan sekitar 90 gram daun kumis kucing yang kemudian direbus dalam 1 liter air, hingga air tersisa sekitar 750 cc.

Sekarang ini baik di apotek ataupun di toko obat online, sudah banyak sekali orang yang menjual daun kumis kucing dalam berbagai kemasan kapsul obat yang sudah dikemas secara modern. Banyaknya khasiat dan manfaat dari tanaman kumis kucing ini membuat sebagian orang yang punya otak kreatif dan juga bermental pengusaha memproduksi obat dari daun kumis kucing secara massal sebagai obat serta suplemen makanan. Tentunya hal ini cukup praktis bagi Anda yang tinggal daerah diperkotaan sehingga cukup kesulitan untuk mendapatkan tanaman ini ataupun yang tidak punya cukup waktu untuk dapat mengolahnya. Nah, tunggu apalagi untuk mendapatkan manfaat dari kandungan daun kumis kucing, waktunya hidup sehat secara alami.
KANDUNGAN DAUN KUMIS KUCING | asepkanan | 4.5