KHASIAT DAN MANFAAT JAHE MENGATASI 14 PENYAKIT

Khasiat Dan Manfaat Jahe Mengatasi 14 Penyakit – Apabila Anda punya masalah pada perut yang mengganggu, solusinya bisa jadi dengan menggunakan jahe. Asam lambung dalam perut kita memang berperan penting dalam membantu proses pencernaan, tapi bisa juga asam lambung menjadi berlebih dan tidak normal saat Anda sedang mengalami stres.

Seorang ahli nutrisi di Inggris yang bernama Alice Mackintosh mengatakan bahwa tanaman jahe dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan Anda. selain itu, jahe juga dapat membantu dalam menstimulasi indera pengecap. Air hangat yang dicampur dengan potongan lemon dan juga irisan jahe merupakan ramuan yang cukup ampuh untuk dapat meredakan masalah pada pencernaan, seperti terlalu sering buang air dan juga maag.

rimpang jahe

Alice Mackintosh juga mengatakan bahwa tanaman
jahe mengandung antioksidan dan juga gingerol yang dapat membantu dalam membersihkan lambung Anda dari asam yang selalu diproduksi tubuh saat seseorang sedang dalam keadaan stres. Jadi, secara tidak langsung, jahe dapat juga meredakan stres.

Meminum campuran lemon dan jahe tersebut juga bisa untuk memperbaiki mood Anda dan menyingkirkan berbagai perasaan negatif. Selain dapat mengatasi dan gangguan pencernaan dengan, ternyata tanaman yang satu ini juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Akar jahe memang telah lama dimanfaatkan dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM), terutama untuk dapat melancarkan fungsi pencernaan, sebagai obat anti mual, obat bagi perdarahan dan rematik dan bahkan bisa juga untuk mengatasi kebotakan, mengobati sakit gigi, mengobati gigitan ular serta masalah pernapasan. Jahe juga sudah digunakan secara luas di dalam Ayurveda atau pengobatan tradisional India untuk dapat mencegah pembekuan darah, misalnya seperti penyakit jantung koroner dan juga stroke,  mengurangi timbunan kolesterol dan juga untuk melawan radang sendi. Di Malaysia dan Indonesia  seduhan air jahe biasanya diberikan kepada para ibu dalam waktu selama 30 hari setelah mereka melahirkan agar membantu untuk menghangatkan tubuh dan juga melancarkan nifas. Dalam khazanah pengobatan Arab, jahe juga dianggap sebagai obat pembangkit gairah s*ksual.

Di zaman modern sekarang ini, pemanfaatan tanaman jahe semakin meluas. Jahe telah banyak dibudidayakan secara luas di berbagai Negara di Asia, Afrika dan Karibia untuk dimanfaatkan di seluruh dunia. Komisi E Jerman bahkan menyetujui penggunaan tanaman jahe ini sebagai pengobatan untuk mengatasi dispepsia dan juga mencegah infeksi.  Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat jahe bagi kesehatan yang sudah terbukti selama ribuan tahun lamanya. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat jahe mengatasi 14 penyakit yang telah diteliti para ilmuan secara ilmiah:

  1. Jahe dapat meredakan mabuk perjalanan. Caranya sebelum Anda melakukan perjalanan, konsumsi terlebih dahulu minuman jahe. Anda akan terhindar dari rasa mual dan juga sakit kepala selama dalam perjalanan.
  2. Jahe mengatasi masalah pencernaan. Misalnya seperti nyeri perut, rasa mual, dan diare. Jahe juga bisa digunakan untuk dapat mengatasi rasa mual pasca operasi serta rasa mual yang disebabkan oleh kemoterapi serta kehamilan.
  3. Jahe mengobati luka bakar. Jahe juga mampu membantu dalam meredakan luka bakar sekaligus mengurangi rasa nyerinya.
  4. Campuran jahe yang hangat pada minuman mampu membantu dalam mengatasi masalah pernafasan Anda, seperti flu dan batuk.
  5. Jahe mengatasi tekanan darah. Tanaman jahe dapat menjaga tekanan darah Anda pada level yang normal, selain itu jahe juga bisa menghentikan demam serta keringat berlebih.

    rimpang dan wedang jahe
  6. Jahe mengobati nyeri haid. Anda bisa mengompres bagian perut dengan sebuah handuk hangat yang telah direndam dalam teh jahe untuk dapat membantu meredakan nyeri haid.
  7. Jahe dapat meningkatkan sistem imun tubuh
  8. Minum teh jahe ataupun air jahe bisa memperbaiki mood Anda
  9. Jahe dapat meredakan demam, flu dan batuk
  10. Sebagai obat pembangkit gairah s*ks
  11. Jahe membantu diet pelangsing
  12. Jahe membantu mengeluarkan gas usus
  13. Jahe dapat menurunkan kolesterol
  14. Jahe dapat membantu mengatasi gejala penyakit osteoporosis, penyakit rheumatoid arthritis, osteoarthritis dan nyeri sendi serta nyeri otot lainnya (pemakaian luar).

Dosis minuman jahe yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Minuman: seduh satu sendok jahe dalam sekitar 150 ml air mendidih. Kemudian ambil 3 cangkir sehari untuk diminum.
  • Anda juga bisa menambahkan 10 hingga 20 tetes minyak jahe untuk makanan.
  • Untuk pemakaian luar, Anda dapat megosokkan minyak jahe kepada bagian tubuh yang terasa sakit.

Itulah khasiat dan manfaat jahe mengatasi 14 penyakit. Semoga menambah pengetahuan Anda tentang tanaman jahe.
KHASIAT DAN MANFAAT JAHE MENGATASI 14 PENYAKIT | asepkanan | 4.5