MANFAAT JAHE MERAH TERBARU

Manfaat Jahe Merah TerbaruJahe merah atau yang dalam bahasa latin disebut juga dengan nama Zingiber Officinale varietas Rubrum adalah salah satu jenis tanaman obat yang cukup sering digunakan di negeri agraris seperti Indonesia. Jahe merah pada dasarnyamerupakan salah satu varian dari tanaman jahe. Namun jahe merah ini tidak seperti jenis jahe pada umumnya, sensasi rasa pedas dari jenis jahe merah jauh lebih terasa menggigit karena kandungan tannin serta zat keton yang bernama zingeron-nya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jahe lainnya. Keistimewaannya ini menjadikan manfaat jahe merah untuk kesehatan menjadi lebih beragam.

Selain tannin dan juga zat Zingeron, jahe merah juga memiliki kandungan senyawa pendukung yang lainnya seperti gingerol, shogaol, kemudian oleoresin, minyak atsiri, ada juga zingerberin, lemonin, asam organik, mengandung minyak dammar juga, pati, asal aksolat, zingiberal, asam malat dan tentu saja masih banyak lagi kandungan lainnya.

jahe merah


Senyawa kompleks yang secara umum dapat kita temukan pada
bagian rimpang jahe merah tersebut merupakan biang kenapa tanaman yang satu ini digolongkan ke dalam kelompok tanaman yang dapat digunakan sebagai obat, tidak hanya di pakai di Indonesia, akan tetapi juga di berbagai penjuru dunia. Berikut ini adalah beragam manfaat jahe merah terbaru utamanya untuk kesehatan tubuh manusia.

Mencermati sensasi panas dan juga rasa pedasnya yang sangat baik, tidak heran apabila kemudian tanaman jahe merah ini seringkali digunakan menjadi bahan dasar untuk minyak gosok yang mampu berfungsi untuk mengusir rasa pegal dan juga nyeri pada sendi. Efek farmakologis bagi pemakaian jahe merah pada bagian luar dari tubuh seseorang memang mencakup anti-peradangan, mampu melancarkan sirkulasi darah, dapat mengoptimakan daya tahan tubuh, menjadi penghangat tubuh, bisa meningkatkan naf-su makan dan lain-lain. Tidak hanya dapat digunakan menjadi bahan utama bagi minyak gosok, ternyata rimpang jahe merah juga di zaman modern saat ini sedang marak diolah oleh berbagai perusahaan dalam bentuk yang praktis seperti serbuk ekstrak instan yang siap minum. Khasiat jahe merah yang disekstrak ini cukup beragam,  antara lain misalnya mengobati infulenza, dapat menguatkan produksi getah bening, mampu mengobati batuk dan juga asma, dapat menguatkan hati, bisa mencegah kemandulan, mampu mer*ngsang kinerja syaraf tubuh dan tentu masih banyak lagi manfaat lainnya.

jahe merah

Meskipun manfaat jahe merah terbaru ini cukup banyak dan banyak juga orang yang ingin rutin mengkonsumsinya, akan tetapi bagi mereka yang mempunyai penyakit maag sangat disarankan oleh para ahli untuk tidak
mengkonsumsi jahe merah ini. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, karena kandungan zat gingerol yang dimiliki jahe merah dapat membuat lambung jadi terasa panas seperti terbakar. Selain larangan bagi para penderita maag, cukup banyak juga ahli gizi yang memberi saran padapara ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi tanaman jahe merah yang satu ini. Kabarnya, jahe merah mempunyai senyawa yang berpotensi dapat menggu-gurkan kandungan ibu hamil. Jadi, sebaiknya Anda tetap berhati-hati!
MANFAAT JAHE MERAH TERBARU | asepkanan | 4.5