MANFAAT MADU EFEKTIF MENGOBATI 19 PENYAKIT

Manfaat Madu Efektif Mengobati 19 PenyakitSebelum zat antibiotik ditemukan pada sekitar tahun 1930-an, cairan madu masih digunakan untuk perawatan berbagai jenis penyakit. Dengan berpindahnya manusia kepada cara pengobatan modern, madu semakin tersisih perannya. Belakangan ini saat begitu banyak bakteri yang menjadi resisten terhadap berbagai obat-obatan, banyak orang kembali memanfaatkan madu untuk pengobatan.

Madu merupakan makanan alami yang mengandung berbagai zat gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin, asam amino, dekstrin, mineral, komponen Aromatik dan pigmen tumbuhan.

honey bee


Bahkan dari beberapa hasil penelitian para ahli Gizi dan pangan ditemukan bahwa
madu memiliki kandungan karbohidrat yang paling tinggi diantara berbagai produk ternak lainnya seperti susu, daging, telur, menterga dan keju (sekitar 82,3% lebih tinggi). Setiap 100 gram madu murni memiliki nilai 294 kalori atau bisa dikatakan perbandingan 1000 gram madu yang murni setara dengan lima puluh butir telur ayam ataupun 5,675 liter susu atau juga 1680 gram daging. Dari hasil penelitian ilmiah terbaru ternyata diketahui bahwa zat-zat atau senyawa yang terkandung di dalam madu begitu sangat komplek yakni mencapai 181 jenis.

Sebelum membahas manfaat madu efektif mengobati 19 penyakit. Tabel berikut ini memberikan sedikit penjelasan tentang sebagian kandungan madu..
Nilai Gizi Madu per 100 g
Energi
304 kcal
Karbohidrat
82.4 g
Gula
82.12 g
Serat
0.2 g
Lemak
0 g
Protein
0.3 g
Air
17.10 g
Riboflavin (Vit. B2)
0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3)
0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (Vit. B5)
0.068 mg (1%)
Vitamin B6
0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9)
2 mg (1%)
Vitamin C
0.5 mg (1%)
Kalsium
6 mg (1%)
Besi
0.42 mg (3%)
Magnesium
2 mg (1%)
Fosfor
4 mg (1%)
Potasium
52 mg (1%)
Sodium
4 mg (0%)
Zinc
0.22 mg (2%)
Sumber: USDA Nutrient database
Apa saja khasiat dan juga madu? Di bawah ini adalah manfaat madu efektif mengobati 19 penyakit:
1. Madu Mengobati Luka Dan Borok
Madu selama kurun waktu berabad-abad telah dimanfaatkan untuk perawatan luka dan juga borok. Madu mengandung glukosa dan juga sebuah enzim yang disebut dengan oksidase glukosa. Pada kondisi yang sangat tepat, oksidase glukosa bisa memecah glukosa pada madu menjadi zat hidrogen peroksida, sebuah zat yang mempunyai sifat antiseptik yang kuat. Madu yang ada di dalam kemasan tidak bisa melakukan reaksi ini. Untuk dapat menjadi aktif dan mengurai glukosa pada madu, oksidase glukosa membutuhkan lingkungan dengan pH antara 5,5 hingga 8,0 dan natrium. PH dari madu murni berkisar antara 3,2 hingga 4,5 terlalu rendah untuk dapat mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan pada tubuh (misalnya darah) mempunyai pH yang relatif tinggi dan juga mengandung natrium sehingga dapat memberikan suatu kondisi yang sangat tepat untuk melakukan pembentukan hidrogen peroksida. Itulah sebabnya madu dapat mengobati luka dan borok.

madu dan kayu manis

2.
Madu Membantu Pertumbuhan Jaringan
Propolis dan enzim serta serbuk sari, vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam madu bisa membantu pertumbuhan pada jaringan baru. Apabila digunakan pada luka bakar, madu dapat mempercepat penyembuhannya dan juga mengurangi banyaknya jumlah jaringan parut.

3. Madu Menghaluskan Kulit
Asam glukonat dan juga asam organik ringan lainnya yang terkandung di dalam madu bisa melonggarkan ikatan pada sel-sel kulit mati sehingga dapat mempercepat regenerasi sel kulit tersebut, mengurangi keriput serta garis penuaan, dapat menyeimbangkan minyak dan juga meningkatkan elastisitas pada kulit. Madu juga mengandung gula sertaasam amino yang bisa membantu dalam mempertahankan kelembaban kulit.

4. Madu Sebagai Antioksidan Kuat
Madu mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi, jadi dapat menjaga tubuh dari berbagai jenis radikal bebas. Bahkan, antioksidan pada madu yang disebut dengan pinocembrin hanya terdapat dalam madu saja, tidak ditemukan dalam makanan atau minuman lain. Hal ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, terhindar dari berbagai penyakit dan juga terlihat lebih awet muda.

5. Madu Menurunkan Glukosa Dan Kolesterol Darah
Meskipun rasanya lebih manis dari gula, madu mempunyai indeks glikemik yang rendah karena dapat diserap ke dalam aliran darah dengan cara bertahap. Anda yang mempunyai penyakit diabetes harus dapat mengurangi makanan yang berindeks glisemik tinggi sebab akan menimbulkan lonjakan glukosa darah.

Madu merupakan suatu alternatif pemanis yang dipandang paling aman jika dibandingkan dengan gula ataupun gula sintetis. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan bahkan menduga bahwa madu dapat menurunkan glukosa pada darah. Mineral dan juga vitamin alami yang ada di dalam madu juga dapat membantu menurunkan kadar LDL alias kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh.

Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan dua sendok makan madu asli dan tiga sendok teh bubuk kayu manis yang dicampurkan dalam 16 ons (16 dikali 28 gram kira kira 1 pon atau 454 gram) air teh. Ramuan ini bisa mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah hingga 10 persen dalam waktu 2 jam. Madu murni yang diminum dalam waktu sehari-hari juga dapat meringankan gangguan kolesterol.

madu dan kayu manis

6
.
Madu Meringankan Penyakit Pernafasan
Madu dirasa sangat efektif untuk meringankan penyakit pernapasan. Sebuah studi yang dilakukan di Bulgaria pada sekitar 18.000 pasien membuktikan bahwa madu dapat membantu mengatasi penyakit bronkitis kronis, penyakit bronkitis asma, penyakit rinitis kronis, penyakit alergi dan sinusitis. Madu merupakan obat yang cukup efektif untuk pilek, flu dan juga infeksi pernapasan.

7. Madu Mengobati Kerontokan Rambut
Bagi yang mengalami kerontokan pada rambut atau juga kebotakan bisa memakai campuran minyak zaitun panas ditambah 1 sendok makan madu dan juga 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan semua ramuan yang sudah disatukan tersebut pada kepala dan diamkan kira-kira selama 15 menitan setelah itu baru dibilas. Sebuah penelitian dapat membuktikan bahwa ramuan yang didiamkan di kulit kepala selama 5 menit juga tetap efektif.

8. Madu Mengobati Infeksi Kandung Kemih
Campurkan saja 2 sendok makan bubuk kayu manis dengan satu sendok teh madu ke dalam 1 gelas air hangat suam kuku. Setelah itu Anda minum. Ramuan ini dapat membunuh berbagai kuman dalam kandung kemih.

9. Madu Mengobati Sakit Gigi
Buat campuran satu sendok teh bubuk kayu manis dengan 5 sendok teh madu. Kumur-kumur sebelum ditelan.

4. Madu Mengobati Pilek
Pilek ringan dan juga berat bisa disembuhkan dengan campuran satu sendok makan madu dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis yang diminum setiap hari selama 3 hari. Ramuan seperti ini bisa menyembuhkan hampir semua jenis batuk dan juga pilek kronis serta dapat membersihkan sinus.

6. Madu Mengobati Kemandulan
Pengobatan dari Yunani dan Ayurveda telah menggunakan cairan madu dalam kurun selama bertahun-tahun untuk dapat memperkuat sp*rma para pria. Dengan 2 sendok makan madu yang rutin diminum sebelum tidur akan dapat menyuburkan. Wanita asal Jepang, Cina dan juga Asia Timur yang sulit untuk hamil serta ingin memperkuat rahim selalu mengkonsumsi bubuk kayu manis dan sejak berabad-abad silam.

Wanita yang sulit untuk hamil sebaiknya sesering mungkin selalu mengoleskan madu dan juga 1 sendok teh bubuk kayu manis di gusinya. Kayu manis nantinya akan bercampur dengan air ludah dan akan masuk ke dalamtubuh. Ada sepasang suami istri di Maryland yang tidak mempunyai keturunan dalam kurun waktu selama 14 tahun dan mereka nyaris putus asa. Ketika pasangan ini mengetahui khasiat dari kayu manis dan madu, mereka kemudian rutin mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri akhirnya mulai mengandung dan telah melahirkan bayi kembar.

madu dan kayu manis

7.
Madu Mengobati Sakit perut
Madu yang dicampurkan dengan  bubuk kayu manis juga dapat mengobati sakit perut. Selain itu, kedua ramuan ini Juga bisa membersihkan perut dan menyembuhkan bisul hingga ke akar-akarnya.

8. Madu Mengobati Perut Kembung
Sebuah penelitian ilmiah yang pernah diadakan di negri India dan Jepang menemukan bahwa madu yang diminum dengan kayu manis bisa mengurangi gas di dalam perut.

9. Madu Mengatasi Bau Mulut
Satu sendok teh madu asli dan juga bubuk kayu manis yang dicampurkan di dalam air panas bisa membuat nafas Anda tetap segar sepanjang hari. Orang Amerika Selatan biasanya meminum ramuan seperti ini di pagi hari.

10. Madu Mengobati Sakit Kepala Sinus
Minum campuran madu dengan juice jeruk terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

11. Madu Mengatasi Kelelahan
Studi terakhir dapat menunjukkan bahwa kandungan gula yang ada dalam madu lebih banyak bermanfaat daripada merugikan bagi tubuh manusia. Warga yang berusia lanjut mengkonsumsi madu dan juga bubuk kayu manis dengan ukuran yang sama, terbukti menjadi lebih bugar serta fleksibel. Penelitian oleh Dr. Milton membuktikan bahwa ½ sendok makan madu yang kemudian diminum bersama dengan segelas air dan juga ditaburi bubuk kayu manis mampu meningkatkan vitalitas tubuh seseorang dalam seminggu. Ramuan tersebut dengan rutin diminum setiap hari setelah Anda menggosok gigi dan pada jam 3 sore ketika vitalitas tubuh sedang menurun.

12. Madu Mengobati Kanker
Riset terakhir yang dilakukan di Jepang dan juga Australia dapat menunjukan bahwa kanker perut dan kanker tulang stadium lanjut bisa disembuhkan dengan campuran madu dan kayu manis. Pasien cukup meminum satu sendok makan madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis 3 kali sehari dalam waktu selama sebulan.

13. Madu Menurunkan Berat Badan
Minumlah segelas air yang direbus dengan madu dan juga bubuk kayu manis setiap pagi hari, ½ jam sebelum Anda sarapan atau saat perut Anda masih kosong. Jika hal ini dilakukan dengan teratur dapat menurunkan berat badan, bahkan bagi orang yang tubuhnya sangat gemuk, minum ramuan ini dengan teratur dapat mencegah lemak jadi terakumulasi di dalam tubuh, meskipun tetap memakan makanan yang berkalori tinggi.

14. Madu Mencegah Influenza
Ilmuwan asal Spanyol telah mampu membuktikan bahwa madu memiliki kandungan alami yang dapat membu-nuh kuman penyebab influenza dan dapat menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika mulai merasakan gejala flu.

madu dan kayu manis

15.
Madu Mengobati Jerawat
Oleskan campuran tiga sendok makan madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan merata pada wajah Anda sebelum tidur. Basuhlah pada keesokan harinya dengan menggunakan air hangat. Apabila dilakukan dengan rutin setiap hari selama dua minggu, akan mampu menyembuhkan jerawat hingga ke akar-akarnya.

16. Madu Mencegah Penuaan Dini
Teh yang dicampurkan dengan madu dan juga bubuk kayu manis kemudian diminum setiap hari dapat mencegah penuaan dini. Ambil empat sendok madu ditambah satu sendok bubuk kayu manis serta 3 cangkir air. Kemudian rebus semuanya seperti membuat teh. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 4 kali dalam sehari. Ramuan yang satu ini membuat kulit Anda segar dan halus serta dapat mencegah penuaan dini.

17. Madu Mengobati Encok Atau Radang Sendi
Ambil 1 bagian madu dan juga 2 bagian air hangat suam kuku. Tambahkan satu sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campurkanmadu, air suam kuku serta bubuk kayu manis. Pijat ke bagian tubuh yang sakit dengan perlahan. Rasa sakit encok akan berkurang dalam waktu sekitar 1-2 menit. Atau penderita encok alias arthritis dapat juga minum 1 cangkir air panas dengan dua sendok madu serta satu sendok teh bubuk kayu manis tiap hari, pada pagi dan malam hari.

Bila diminum dengan teratur, ramuan diatas dapat mengobati penyakit arthritis yang kronis. Penelitian terakhir di Copenhagen University yang menggunakan campuran 1 sendok makan madu serta ½ sendok teh bubuk kayu manis yang kemudian diberikan pada para pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam waktu seminggu 73 orang dari 200 pasien yang diobati dapat sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak mampu berjalan ataupun bergerak karena arthritis kronis dapat berjalan lagi tanpa rasa sakit.

19. Madu Mengobati Penyakit Jantung
Oleskan madu serta bubuk kayu manis pada sepotong roti saat sarapan setiap pagi hari. Madu dan kayu manis dapat mengurangi kolesterol di dalam pembuluh arteri, dan juga mengurangi resiko akan datangnya penyakit jantung. Orang yang sudah pernah terkena penyakit jantung apabila rutin mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari bisa terhindar dari srangan jantung yang kedua.

Mengkonsumsi madu serta kayu manis dengan teratur dapat memperlancar saluran pernapasan dan memperkuat detak jantung. Panti jompo di Amerika dan Kanada telah berhasil mengobati beberapa penghuninya dengan ramuan tersebut pada manula mempunyai gangguan pada pembuluh darah karena tersumbat serta berkurang fleksibilitasnya dikarenakan usia.

Keterangan :
Bagi orang yang tidak terbiasa minum madu akan ada reaksi atau efek sampingyang umumnya sering terjadi adalah diare, akan tetapi hal seperti ini akan hilang juga dengan sendirinya. Banyak orang yang hanya minum madu ketika sedang sakit saja. Tetapi bukankah kita semua tahu bahwa mencegah lebih murah dan lebih baik dari mengobati? Sebenarnya masih banyak penyakit yang bisa diobati dengan madu, tentu tulisan singkat ini tidak bisa menampung semuanya, blog sehat alami akan membahasnya pada postingan yang lain..
MANFAAT MADU EFEKTIF MENGOBATI 19 PENYAKIT | asepkanan | 4.5