CARA MEMBUAT OBAT KEPUTIHAN DARI DAUN SIRIH

Cara Membuat Obat Keputihan Dari Daun SirihDaun sirih memang telah berabad-abad dikenal cukup luas sejak zaman nenek moyang kita dulu sebagai salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Tidak hanya dikenal sebagai salah satu tumbuhan obat, tanaman yang dalam bahasa latin disebut Piper betle lynn ini juga mempunyai tempat yang istimewa dalam berbagai acara adat di sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Manfaat dan khasiat daun sirih ini sudah banyak dikenal dan juga telah teruji secara klinis. Sampai saat ini, penelitian tentang daun sirih ini masih terus dikembangkan oleh para ahli.

Secara tradisional, tanaman obat yang berasal dari Negara India, Sri Lanka, dan juga Malaysia ini sering dipakai untuk mengatasi masalah bau badan dan bau mulut, sariawan, hidung mimisan, gatal-gatal dan juga koreng, serta dapat mengobati masalah keputihan pada wanita. Hal ini karena tanaman obat herbal yang sudah dikenal sejak sekitar tahun 600 SM ini mempunyai kandungan zat antiseptik yang dapat membunuh kuman. Kandungan fenol yang terdapat dalam sifat antiseptiknya terbukti lima kali lebih efektif jika dibandingkan dengan fenol biasa.

daun sirih muda


Dalam farmakologi C
hina, tanaman sirih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat hangat serta pedas. Secara tradisional mereka selalu menggunakan daun sirih untuk dapat meluruhkan kentut, menghentikan batuk membandel, mengurangi peradangan dan juga menghilangkan gatal-gatal. Dalam pengobatan tradisional di India, daun sirih ini dikenal sebagai zat aromatik yang dapat menghangatkan, mempunyai sifat antiseptik bahkan dapat meningkatkan gairah s*ksual.

Karena bersifat antiseptik, daun sirih sering digunakan juga untuk menyembuhkan kaki yang terluka karena mengandung styptic yang berfungsi menahan pendarahan. Daun sirih juga mengandung vulnerary yang dapat menyembuhkan luka pada kulit. Daun sirih juga bisa dikunyah untuk dapat memperbaiki kualitas suara pada seorang penyanyi.

Dari hasil sebuah penelitian sebagaimana dikutip oleh buku tanaman obat yang diterbitkan oleh Kebun Tanaman Obat Karyasari disebutkan bahwa daun sirih juga mengandung arecoline pada seluruh bagian tanamannya. Zat ini sangat bermanfaat untuk dapat menstimulasi saraf pusat serta daya pikir, dapat meningkatkan gerakan peristaltik dan mampu meredakan dengkuran. Pada bagian daunnya terkandung zat eugenol yang dapat mencegah ej*kulasi dini, dapat membasmi jamur candida albicans dan juga bersifat analgesik alias dapat meredakan rasa nyeri. Selain itu ada juga kandungan tannin dalam daunnya yang dapat bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada v*gina, melindungi fungsi hati dan juga mencegah diare.

Cara membuat obat keputihan dari daun sirih ini pernah diuji para ilmuan secara klinis. Ini disebutkan oleh Amir Syarif, seorang peneliti dari Bagian Farmakologi di Universitas Indonesia. Dia mengungkapkan bahwa daun sirih mempunyai khasiat yang jauh lebih bermakna jika dibandingkan dengan plasebo. Pengujian yang melibatkan 40 pasien yang menderita keputihan dan tidak sedang hamil, tidak menderita diabetes melitus ataupun penyakit hati serta ginjal. Dua puluh orang diantaranya menggunakan daun sirih, sedang sisanya diberikan plasebo. Baik daun sirih ataupun plasebo itu diberikan pada v*gina sebelum si pasien tidur dan ini dilakukan selama tujuh hari. Ternyata dari 40 orang pasien tersebut, 22 orang diantaranya mendapatkan pemeriksaan ulang, masing-masing 11 orang diberikan plasebo dan daun sirih. Hasil dari pengujian ini dapat membuktikan bahwa sekitar 90,9 % pasien yang telah menggunakan daun sirih dinyatakan telah sembuh, sedangkan pada kelompok lain yang diberikan plasebo hanya 54,5 persen saja yang sembuh.

daun sirih tua

Penelitian lain
nya tentang manfaat daun sirih ini dilakukan di IPB Bogor. Seorang peneliti bernama Ir. Nuri Andarwulan, Msi beserta kawan-kawannya dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB telah melakukan penelitian dengan memanfaatkan limbah minyak asiri dari daun sirih untuk dapat memproduksi zat antioksidan. Ekstrak antioksidan itu selama ini memang masih diimpor. Penelitian ini berpotensi besar dapat menurunkan nilai impor bahan antioksidan tersebut. Selain itu, produk emulsi yang mampu dihasilkan dalam penelitian tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan industri kecantikan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan betapa baiknya daun sirih ini untuk mengobati keputihan. Cara membuat obat keputihan dari daun sirih ini bisa Anda dapatkan langkah-langkah membuat ramuannya pada postingan berjudul Manafaat Dan Khasiat Daun Sirih Mengobati 14 Penyakit. Semoga berhasil ya!
CARA MEMBUAT OBAT KEPUTIHAN DARI DAUN SIRIH | asepkanan | 4.5