MANFAAT DAN KHASIAT KUMIS KUCING MENGOBATI 11 PENYAKIT

Advertisement
Loading...
Manfaat Dan Khasiat Kumis Kucing Mengobati 11 PenyakitKumis kucing merupakan salah satu tanaman obat yang berupa tumbuhan dengan batang basah yang tegak. Tanaman yang satu inii dikenal dengan banyak istilah, misalnya seperti kidney tea plants atau java tea (dalam bahasa Inggris), giri-giri marah (di Sumatera), remujung (di Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan juga songot koneng (di Madura). Tanaman Kumis kucing ini sebenarnya berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian mulai menyebar ke wilayah Asia dan juga Australia.

Kumis kucing termasuk kelompok tanaman terna tegak, pada bagian bawahnya berakar, tepatnya di bagian buku-bukunya dan tinggi kumis kucing bisa mencapai 2 meter. Batang tanaman ini berbentuk segi empat agak beralur dengan bulu-bulu pendek ataupun gundul.

Daun kumis kucing


Helai daunnya memiliki bentuk bundar ataupun lojong, lanset, bundar telur atau juga belah ketupat yang dimulai dari bagian pangkalnya. Ukuran panjang daun kumis kucing adalah 1 hingga 10 cm dan lebarnya sekitar 7,5 mm hingga 1,5 cm. Kumis kucing memiliki urat daun sepanjang pinggirnya yang berbulu tipis ataupun gundul, dimana kedua bagian permukaannya berbintik-bintik dikarenakan adanya kelenjar yang berjumlah sangat banyak, panjang tangkai daunnya mencapai 7 sampai 29 cm.

Ciri khas tanaman kumis kucingada di bagian kelopak bunganya yang berkelenjar. Bagian urat dan pangkalnya berbulu pendek dan cukup jarang, sedangkan pada bagian yang paling atasnya gundul. Bunga bibir, berbentuk mahkota yang bersifat sebagai terminal yakni berupa tandan yang terlihat keluar dari bagian ujung cabang dengan panjang sekitar 7 sampai 29 cm, dengan ukuran panjangnya sekitar 13 hingga 27 mm, di bagian atasnya ditutupi oleh bulu-bulu pendek yang berwarna ungu dan kemudian berubah menjadi putih, panjang tabungnya antara 10 sampai 18 mm, panjang bibirnya antara 4,5 hingga 10 mm, helai bunganya tumpul dan bundar. Benang sarinya mempunyai ukuran lebih panjang daripada tabung bunganya dan bahkan melebihi bibir bunga di bagian atas. Buah geluknya berwarna coklat agak gelap, panjangnya antara 1,75 sampai 2 mm. Gagangnya berbulu pendek dan agak jarang, panjangnya 1 mm hingga 6 mm.

Manfaat Dan Khasiat Kumis Kucing Mengobati 11 Penyakit
Daun Kumis kucing yang basah atau yang kering sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di Indonesia daun kumis kucing yang kering sering dipakai sebagai obat yang dapat memperlancar pengeluaran air kemih atau diuretik, sedangkan di India banyak digunakan untuk mengobati penyakit rematik. Masyarakat menggunakan dauan kumis kucing sebagai obat tradisional alami untuk penyembuhan batuk encok, mengatasi masuk angin dan juga sembelit. Disamping itu daun kumis kucing juga bermanfaat untuk mengobati radang ginjal, mengobati penyakit batu ginjal, kencing manis atau diabetes, albuminuria dan juga penyakit syphilis. Selain bersifat diuretik, dauan kumis kucing juga dapat digunakan sebagai antibakteri alami. Berikut ini adalah khasiat kumis kucing lainnya:

1. Mengobati nyeri buang air seni dengan kumis kucing
Caranya adalah seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang telah dikeringkan seperti teh, boleh juga Anda menambahkan gula aren. Cara lainnya adalah mencampur 1 sendok daun kumis kucing yang telah dihaluskan dengn 7 batang meniran, rebus kedua bahan tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih dan air tinggal setengahnya. Minum air rebusan tersebut sebanyak 3 x sehari.

Daun kumis kucing 2

2. Mengobati batu ginjal dengan kumis kucing
Caranya adalah 25 gr daun kumis kucing dengan 25 gr daun ngokilo ditambah 25 gr daun meniran dengan akarnya, 25 gr daun keji beling, cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus dengan 4 gelas air putih sampai mendidih. Minum semua air hasil rebusan tersebut dalam sehari.

Cara lainnya adalah 3 genggam daun kumis kucing dicampur dengan 5 helai daun keji beling kemudian dicuci, rebus dengan 2 gelas air putih. Minum airnya 2 x dalam sehari, setiap pagi dan sore selama 10 hari. Setelah sepuluh hari, ganti ramuan tadi dengan air hasil rebusan jagung muda, minum 1 x sehari. Hindari memakan daging kambing, buah durian serta makanan yang pedas.

3. Mengobati rematik dengan kumis kucing
Sesendok kecil daun kumis kucing yang telah dihaluskan, ditambah 1 sendok makan daun meniran yang sudah dihaluskan juga, kemudian direbus dengan segelas air putih sampai airnya tinggal ¾ nya saha. Saring ampasnya lalu diminum.

4. Mengobati sakit pinggang dengan kumis kucing
Rebus 7 helai daun dan juga 2 potong akar kumis kucing yang telah dicuci dengan segelas air. Biarkan dulu selama satu malam, setelah itu diminum esok harinya.

5. Mengobati radang ginjal dengan kumis kucing
40 helai bunga dan juga daun kumis kucing, ditambah 3 belimbing wuluh tua, cuci semuanya dan haluskan. Setelah itu seduh dengan 2 gelas air putih. Minum 3 x sehari. Lakukan hal ini selama 1 minggu.

6. Mengobati masuk dengan kumis kucing
rebus 1 sendok daun kumis kucing yang sudah dihaluskan dengan segelas air hingga air tersisa tinggal setengahnya. Kemudian diminum sekaligus.

7. Mengobati demam dengan kumis kucing
Rebus 100 gakar kumis kucing yang telah dicuci dengan 3 gelas air. Setelah rebusan mendidih, saring dan ambil airnya. Minum air rebusan tersebut 1 gelas sehari.

8. Mengobati penyempitan saluran kencing dengn kumis kucing
Caranya adalah ambil 10 gram daun kumis kucing, 10 gr kayu anyang, 10 gram pulosari dan 10 gram adas, setelah itu rebus dengan 200 cc air putih. Minum air ramuan tersebut. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya hindari dulu makan makanan yang asin.

9. Menghilangkan rasa lelah dengan kumis kucing
Caranya adalah ambil daun kumis kucing kira-kira 10 gram, daun pegangan sebanyak 30 gram, kayu manis sebanyak 50 gram, daun jinten sebanyak 39 gram, kencur 20 gram, daun besaran sebanyak 5 gram, daun sembung sebanyak 15 gram, widara putih kira-kira 15 gram, dan temu lawak 15 gram. Rebus semuanya bersama dengan kurang lebih 400 cc air sampai tersisa setengahnya, kemudian tambahkan madu. Minum air ramuan tersebut.
Daun kumis kucing 3

10.
Mengobati amandel
dengan kumis kucing
Caranya adalah ambil daun kumis kucing kira-kira 1 genggam, kemudian rebus dengan 6 gelas air putih hingga tersisa setengahnya. Dinginkan, saring, setelah itu minum 3 kali dalam sehari masing-masing satu gelas.

11. Mengobati pusing karena tekanan darah tinggi
Caranya adalah ambil sekitar 5 lembar daun kumis kucing, kemudian cuci dan haluskan. Seduh dengan satu cangkir air hingga mendidih dan setelah dingin, Anda saring ampasnya dan minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari masing-masing 1 gelas.

Itulah manfaat dan khasiat kumis kucing mengobati 11 penyakit. Semoga menambah pengetahuan Anda tentang tanaman apotik hidup yang satu ini.
MANFAAT DAN KHASIAT KUMIS KUCING MENGOBATI 11 PENYAKIT | asepkanan | 4.5