8 EFEK SAMPING PIL KB BAGI KESEHATAN TUBUH

8 Efek Samping Pil KB Bagi Kesehatan Tubuh – Bagi mereka yang telah menikah, tentu saja pemilihan alat kon-trasepsi sangat diperlukan. Di Indonesia sendiri selain KB spiral, pemakaian KB pil juga cukup familiar. Banyak sekali wanita Indonesia yang memutuskan untuk memilih memakai cara yang satu ini karena dianggap paling minim akan risiko kesehatan yang mungkin akan ditimbulkannya.

Namun benarkah seperti itu? Seperti dilansir dari laman healthmeup. com dan health.com, ternyata KB pil juga memiliki beberapa efek buruk bagi kesehatan terutama jika Anda memmakainya dalam jangka panjang. Penggumpalan darah dalah salah satu efek pil KB yang buruk terutama jika Anda seorang pero-kok atau mempunyai tekanan darah tinggi. Berikut adalah 8 efek samping pil KB lainnya yang harus Anda tahu. 

efek samping pil KB

Image: merdeka.com

Sakit kepala, pusing dan nyeri pada dada

Hilda Hutcherson, MD, salah seorang profesor obgyn di Columbia University – New York menjelaskan efek samping ini biasanya biasanya akan pergi setelah Anda mengonsumsi pil KB beberapa kali. Namun jika efek samping tersebut tak juga hilang, cobalah Anda mengganti dengan merk pil KB yang lainnya.

Mual

Reaksi seperti ini akan hilang setelah beberapa bulan Anda mengonsumsi pil KB, cobalah menguranginya dengan cara mengonsumsi makanan tertentu setelah Anda minum pil KB, biasanya cara ini terbilang cukup efektif.

 

Timbul flek atau spot darah

KB pil ini harus diminum tepat waktu ataupun pada jam yang sama setiap harinya. Apabila telat mengonsumsi ataupun lupa 1 hari, maka akan berisiko mengalami spotting ataupun muncul bercak darah. Jika spotting yang muncul memang mengkhawatirkan, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter.

Menurunnya libi-do

Jika muncul efek pil KB yang satu ini, cobalah untuk mengganti pil KB yang Anda konsumsi, biasanya diganti dengan jenis yang lebih androgenik atau mirip seperti testos-teron sehingga libi-do bisa datang kembali. Jika usaha ini tidak juga berhasil, maka Anda bisa menggantinya dengan metode yang lain.

Perubahan suasana hati

Pil KB umumnya memiliki kandungan hor-mon sehingga dapat mempengaruhi beberapa hor-mon lain di dalam tubuh dan dapat mengubah suasana hati. Apabila tidak ada yang dapat membantu mengatasi perubahan suasana hati seperti ini, kemungkinan perlu Anda ganti dengan kon-trasepsi non-hor-monal.

Risiko Kanker Pay-udara

Beberapa penelitian pernah menunjukkan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan risiko kanker pay-udara terutama pada wanita berusia muda. Tapi risiko ini akan menurun sesudah seorang wanita berhenti mengkonsumsi pil KB.

Risiko Kanker Ova-rium

Selain kanker pay-udara, efek pil KB juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker ova-rium dan juga endometrium.

Risiko Kanker Serviks

Penggunaan kon-trasepsi oral dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kanker serviks. Meskipun peningkatan dari risiko ini sebenarnya terjadi pada seorang wanita yang aktif melakukan hubungan s*ksual dan terinfeksi virus HPV.

Itulah 8 efek samping pil KB bagi kesehatan tubuh yang harus Anda waspadai. Di balik efek buruk yang dapat ditimbulkannya, pil KB juga mampu membantu Anda di dalam mempertahankan kesu-buran dengan dapat mengurangi risiko gangguan pada rahim. Sehingga akan sangat penting bagi Anda untuk terlebih dulu berkonsultasi dengan ahli kesehatan ataupun dokter sebelum menggunakannya dan agar dapat disesuaikan juga dengan kondisi tubuh Anda.

8 EFEK SAMPING PIL KB BAGI KESEHATAN TUBUH | asepkanan | 4.5