PENYEBAB PENYAKIT MALARIA, GEJALA, CIRI-CIRI & PENCEGAHAN

Penyebab Penyakit Malaria, Gejala, Ciri-Ciri & Pencegahan – Ada banyak penyakit yang biasanya muncul di saat musim hujan tiba. Salah satunya yang berbahaya adalah malaria. Saat musim hujan tiba, nyamuk dapat berkembang biak dengan lebih cepat. Karena ketika hujan, cukup banyak genangan air hujan di mana mana dan ini merupakan salah satu tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak, termasuk nyamuk malaria.

Penyebab penyakit malaria adalah infeksi yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Parasit yang terdapat di dalam darah nyamuk akan menginfeksi sel darah merah orang yang digigitnya dan membuat pasien jadi terserang malaria. Apabila tidak segera diobati, malaria dapat berakibat fatal. Namun cara paling baik adalah dengan melakukan pencegahan penyakit malaria.

Beberapa gejala penyakit malaria secara umum adalah adanya demam tinggi, muntah-muntah, berkeringat dan juga menggigil di saat yang bersamaan, merasa nyeri pada otot serta sakit kepala. Gejala penyakit malaria ini biasanya muncul setelah seseorang tergigit nyamuk Anopheles sekitar 10 hingga 15 hari.

penyebab penyakit malaria

Image: tribunnews.com

Apabila Anda mengalami gejala penyakit malaria di atas, maka sebaiknya Anda secepatnya mengunjungi rumah sakit untuk dapat melakukan tes darah. Tes darah tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah Anda sudah terinfeksi malaria atau tidak. Karena penyebab penyakit malaria ini adalah nyamuk yang banyak berkembang terutama saat sudah mulai musim hujan, sebaiknya perhatikan 5 tips mencegah penyakit malaria seperti dilansir dalam web Boldsky.

Memenuhi cairan tubuh

Malaria dapat dicegah dengan cara memenuhi cairan tubuh Anda selama musim hujan. Sangat penting bagi Anda untuk menghindari dehidrasi dan juga memenuhi cairan tubuh di saat musim hujan yang lembap. Jika Anda kekurangan cairan, tubuh akan sulit untuk melepaskan panas dan membuat tubuh jadi tak sehat.

Hindari tempat kotor

Hindarilah tempat-tempat yang lembap dan kotor ataupun penuh genangan air. Itu merupakan tempat yang seringkali menjadi sarang nyamuk. Yang paling penting, hindarilah tempat-tempat tersebut di saat sore hari & petang karena nyamuk biasanya paling aktif pada jam-jam tersebut. Ingat, penyebab penyakit malaria ini adalah nyamuk yang suka dengan tempat-tempat kotor.

Jangan memakai warna gelap

Memakai baju dengan warna terang dapat menjauhkan nyamuk dan juga bisa mencegah Anda terkena malaria. Baju berwarna gelap akan lebih menarik bagi nyamuk jika dibandingkan dengan baju dengan warna yang terang. Jadi usahakanlah memakai pakaian atau baju dengan warna yang lebih terang.

Pakai Penolak nyamuk

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gigitan nyamuk malaria adalah dengan cara memasang korden pada jendela rumah atau tempat tidur Anda. Hal tersebut terutama ketika Anda tidur di siang hari dan di malam hari. Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami lainnya seperti kulit jeruk ataupun lavender untuk dapat mencegah gigitan nyamuk.

Tempat sejuk

Nyamuk malaria tidak tahan dengan suhu yang dingin, sehingga sat Anda berada di tempat yang dingin secara alami akan dapat menjauhkan dari nyamuk malaria. Apabila berada dalam ruangan, tidak ada salahnya untuk menyalakan AC agar mencegah si nyamuk malaria menggigit Anda.

Itulah penyebab penyakit malaria, gejala & ciri-cirinya serta 5 tips mencegah penyakit malaria yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghindari gigitan nyamuk malaria terutama di musim hujan. Selain beberapa cara di atas, selalu perhatikan kebersihan lingkungan dan juga rumah Anda agar tidak dijadikan tempat nyaman untuk berkembang biaknya nyamuk.

PENYEBAB PENYAKIT MALARIA, GEJALA, CIRI-CIRI & PENCEGAHAN | asepkanan | 4.5