MENAHAN KENTUT BAHAYA BAGI KESEHATAN?

Menahan Kentut Bahaya Bagi Kesehatan ? Kentut adalah gas dari dalam tubuh yang perlu untuk dikeluarkan. Tapi, beberapa orang lebih memilih menahan kentut apalagi ketika sedang berada di tengah keramaian.

Apakah manfaat kentut dan juga benarkah menahan kentut bahaya bagi kesehatan? Inilah yang harus Anda ketahui. Di saat tubuh Anda mencoba untuk menyingkirkan penumpukan gas, maka akan lebih baik dilepaskan lewat sendawa atau lewat kentut apalagi jika perut Anda terasa kembung. Bersendawa adalah hasil dari ‘apasia udara’ atau disebut juga dengan memakan udara. Menurut para dokter, beberapa orang cenderung akan menelan lebih banyak udara pada saat mereka berbicara.

Lisa Ganjhu, seorang gastroenterologi dari NYU Langone Medical Center di New York City sebagaimana dilansir Womenshealthmag.com menjelaskan bahwa udara itu terkumpul di dalam perut seseorang sebelum akhirnya keluar, biasanya dinamakan bersendawa. Tidak seperti bersendawa, penyebab dari kentut masih belum cukup jelas. Kadang-kadang, kentut disebabkan oleh bakteri ataupun fermentasi menu makanan di perut. Masalah makanan lainnya seperti laktosa ataupun intoleransi gluten juga dapat menyebabkan keluarnya kentut.

Menahan Kentut Bahaya Bagi Kesehatan

Jadi bolehkah Kita menahan kentut?

Menahan kentut mungkin saja tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda. Namun, cobalah bayangkan apabila tubuh Anda ingin mengeluarkan beberapa udara dari dalam tubuh tapi Anda malah menahannya? Tentu saja usus Anda nantinya akan membesar serta pada saat yang tidak diinginkan udara itu akan keluar dengan sendirinya yang mungkin saja akan membuat Anda merasa sangat malu.

Memang sangat wajar, karena di dalam sehari Anda dapat mengeluarkan gas 10 hingga 20 kali bahkan meski Anda sendiri tidak menyadarinya. Jangan pernah takut untuk mengeluarkan kentut. Mungkin Anda bisa pergi dulu ke dalam toilet untuk membuang gas tersebut apabila Anda merasa tidak sopan jika mengeluarkannya secara publik.

Meskipun menahan gas ini tidak akan benar benar berbahaya bagi Anda, saluran pencernaan Anda nantinya akan jadi seperti balon. Sehingga dapat menyebabkan kembung & membuat Anda tidak nyaman di sekitar daerah tubuh bagian tengah. Apabila tujuan Anda adalah mengurangi kentut, Anda bisa mulai mencoba mengonsumsi probiotik lebih banyak. Probiotik ataupun bakteri baik mampu berfungsi menyelaraskan bakteri yang ada dalam usus Anda. Makanan berfermentasi seperti yogurt ataupun kimchi banyak memiliki kandungan probiotik & dapat Anda coba untuk dapat mengurangi frekuensi kentut Anda. Atau Anda dapat mencoba pil probiotik khusus bagi saluran pencernaan Anda.

Anda juga harus menjauhi makanan yang punya kandungan pemanis palsu karena pemanis yang bebas lemak & bebas gula, penuh dengan kandungan gula yang tidak mudah untuk diserap dan dicerna sehingga nantinya akan keluar di dalam bentuk gas (kentut) ataupun diare. Dengan kata lain akan membuat Anda kentut lebih banyak. Sudah terjawab bukan pertanyaan apakah menahan kentut bahaya bagi kesehatan?

MENAHAN KENTUT BAHAYA BAGI KESEHATAN? | asepkanan | 4.5