9 MANFAAT BUAH & DAUN KERSEN YANG MENAKJUBKAN

9 manfaat buah & daun kersen (talok) bagi kesehatan ini memang jarang diketahui. Muntingia calabura adalah nama kerennya dari buah yang satu ini. Pohon kersen sering ditemui di mana saja, karena seringkali tumbuh liar. Pohon kersen juga termasuk pohon yang cukup cepat tumbuhnya dengan tingginya yang bisa mencapai 5 hingga 10 meter.

Memiliki daun dengan tekstur berbulu dan lengket, pohon kersen memiliki buah yang berwarna merah saat sudah matang dengan diameternya sekitar 1,5 cm. Daging dari buah kersen ini cukup halus dan mempunyai rasa yang manis. Dan meskipun telah cukup lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh secara liar di mana saja, kersen ini rupanya menyimpan cukup banyak manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Berikut ini adalah 9 manfaat buah & daun kersen (talok) bagi kesehatan yang harus Anda tahu.

manfaat buah kersen

Image: merdeka.com

Antibakteri

Menurut beberapa hasil penelitian, kersen ini mempunyai sifat antibakteri yang kualitasnya sebanding dengan antibiotik standar yang seringkali digunakan di dalam dunia medis. Para peneliti juga berhasil menemukan adanya senyawa antibakteri yang sangat kuat di dalam buah kersen.

Antioksidan

Sebuah studi ilmiah yang pernah dilakukan juga menunjukkan bahwa ternyata ada kadar antioksidan yang cukup tinggi di dalam buah kersen ini. Antioksidan seperti yang Kita tahu bertugas untuk menguatkan sistem imun pada tubuh tubuh dan mampu melawan ra-dikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Antiseptik

Rebusan dari daun kersen ternyata bersifat anti mikroba atau dapat digunakan sebagai bahan antiseptik. Daun kersen juga terbukti bisa menghilangkan bakteri, termasuk diantaranya C. diphtheriae, S. epidermidis, K. Rhizophil, S. aureus dan P. vulgaris,. Sifat anti bakteri tersebut berasal dari senyawa yang terdapat di dalam daun kersen, misalnya seperti tanin, flavonoid dan juga saponin.

Anti Inflamasi

Rebusan dari daun kersen juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan juga mampu menurunkan demam.

Anti Tumor

Daun kersen juga dilaporkan mempunyai efek anti tumor. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam daun kersen diketahui mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker.

Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen ini seringkali dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati penyakit asam urat. Buah kersen juga sudah terbukti mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kambuhnya penyakit asam urat. Baca juga: 10 Obat Asam Urat Alami & Mudah Ditemukan.

Melindungi Jantung

Ekstrak daun kersen juga ternyata mampu melindungi miokardium yang berpengaruh pada penurunan yang cukup signifikan di dalam pembatasan kebocoran enzim yang bersumber dari miokardium.

Mengatasi Kram Perut

Bunga kersen ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat antiseptik alami dan untuk mengobati kram perut. Anda cukup merebus bunga kersen ini dan meminum airnya.

Anti Kanker

Salah satu studi medis menemukan adanya sifat anti kanker yang terdapat pada pohon kersen, dengan ditemukannya kandungan flavonoid sitotoksik baru dalam akar kersen.

Itulah 9 manfaat buah & daun kersen (talok) bagi kesehatan yang menakjubkan, termasuk juga pada batang serta akarnya. Jika sekarang Anda sudah mengetahui apa saja khasiat kesehatan dari pohon kersen ini, Anda dapat mencoba untuk menanamnya sendiri di sekitar rumah.

9 MANFAAT BUAH & DAUN KERSEN YANG MENAKJUBKAN | asepkanan | 4.5